Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal dan Mengetahui Manfaat Asuransi Jiwa


Asuransi jiwa merupakan program perlindungan sebagai bentuk pengalihan terhadap resiko ekonomi terhadap seseorang yang meninggal dunia maupun mengalami kecelakaan. Apabila dianalogikan maka asuransi jiwa menjadi payung untuk rumah maupun kapal bila digunakan apabila hal yang terjadi mengancam keselamatan dan keamanan tertanggung. Sesuai dengan perundang-undangan yang memuat tentang perasuransian maka asuransi diartikan sebagai bentuk perjanjian dua belah pihak dimana terdapat pemegang polis dan perusahaan asuransi yang menjadi acuan dalam memperoleh manfaat asuransi jiwa.

Dalam asuransi jiwa kontrak dituliskan pada polis, polis menjadi isi perjanjian yang menyebutkan kewajiban perusahaan asuransi dengan jumlah uang tertentu untuk diterima oleh tertanggung bila meninggal dunia selama masa kontrak. Hal ini juga dijadikan sebagai imbalan kepada pemegang polis untuk menggunakan kewajiban perusahaan asuransi jiwa untuk membayar premi yang dikenakan setiap bulannya. Asuransi jiwa erat kaitannya terhadap resiko kehidupan dan menjadi salah satu cara untuk menghindari sesuatu hal yang beresiko. Asuransi jiwa memiliki prinsip diantaranya menjadi pengalih resiko terhadap tertanggung kepada penanggung, pemegang polis harus membayar premi sebagai kewajibannya, penanggung akan membayar uang terhadap pertanggungan terhadap resiko yang akan dijamin dan ketentuan maupun persyaratan yang akan diatur pada polis.

Berikut adalah jenis dan manfaat asuransi jiwa diantaranya:

  • Asuransi jiwa berjangka merupakan produk perlindungan yang memberikan santunan kematian pada periode yang telah dijanjikan seperti jangka waktu 5 tahun, 10 tahun hingga 20 tahun atau batas usia tertanggung, keunggulannya adalah premi yang dibayar rendah.
  • Asuransi jiwa seumur hidup yang diberikan manfaatnya berupa santunan kematian bila tertanggung meninggal dunia dengan masa asuransi hingga umur hidup dari tertanggung, memiliki manfaat sebagai salah satu instrumen investasi yang memberikan imbal hasil tetap.

Selain itu, memiliki jenis asuransi jiwa dwiguna yang memberikan dua manfaat diantaranya memberikan santunan uang kematian jika tertanggung meninggal selama masa asuransi serta membayarkan manfaat jika kontrak habis. Untuk masa asuransi berjangka seperti 5 tahun, 10 tahun maupun 15 tahun atau pun berakhir sesuai usia tertentu. Asuransi dwiguna memberikan imbal hasil untuk membantu orangtua dalam merencanakan masa depan anak dalam pendidikan dan untuk dana pensiun. Asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat perlindungan dan nilai tunai yang memiliki variasi untuk menjadi nilai aset investasi. Jika ingin memiliki dana investasi yang dapat digunakan untuk dana pendidikan anak serta persiapan dana pensiun maka dapat memilih asuransi jiwa unit link yang akan membantu pengelolaan keuangan dari premi untuk investasi.

Berikut adalah beberapa manfaat bila memiliki asuransi jiwa:

  • Memberikan perlindungan dan rasa aman karena membuat tertanggung terhindar dari berbagai resiko yang mungkin terjadi dan memberikan semangat karena perlindungan terjamin
  • Memberikan distribusi manfaat dan biaya adil dimana dari biaya premi yang dibayarkan akan selasa dengan resiko pertanggungan.
  • Memberikan kepastian karena akan mampu mengurangi konsekuensi terhadap keadaan yang merugikan tertanggung dan diperkirakan biayanya karena kerugian finansial yang pasti di kemudian hari.

Selain itu manfaat asuransi jiwa menjadi sarana untuk menabung dengan menggunakan jenis asuransi jiwa seumur hidup maupun endowment. Asuransi jiwa menjadi instrumen penyebaran resiko maupun pengalihan karena timbulkan resiko kerugian. Asuransi juga akan membantu meningkatkan suatu kegiatan usaha dari pemegang polis dan memberikan jaminan kredit yang membuat tertanggung akan mendapatkan jenis kredit serta bank tertentu yang biasanya sudah menjadi rekanan dari perusahaan asuransi dari tertanggung.

Posting Komentar untuk "Mengenal dan Mengetahui Manfaat Asuransi Jiwa"