Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesalahan dalam Menurunkan Kolesterol


Banyak orang yang mencari informasi terkait bagaimana cara menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Bahkan ada beberapa orang yang malah salah dalam menurunkan kolesterol tersebut.

Dikutip dari IndoTimes, tingginya kolesterol dipengaruhi oleh jenis makanan yang kamu konsumsi. Sedangkan kolesterol sendiri adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh tubuh setiap orang.

Tinggi kolesterol ini dapat membuat masalah kesehatan bagi setiap orang. Untuk itu berbagai kesalahan dalam menurunkan kolesterol harus diketahui secara detail agar tubuh kamu tetap sehat.

Minim Informasi Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Ketika kolesterol di dalam tubuh mulai naik itu tidak ada gejala khusus bagi tubuh. Maka dari itu, kamu perlu secara rutin untuk melakukan pengukuran kadar kolesterol di klinik kesehatan.

Menurut penelitian yang ada, kolesterol untuk orang dewasa normalnya berada di 200md/dl saja. Sehingga ketika kadarnya lebih tinggi dari yang disebutkan di atas maka perlu berhati-hati. Jika dalam kondisi seperti itu maka kamu wajib mengubah pola hidup dan makan agar tetap sehat.

Jarang Berolahraga

Ketika kolesterol yang ada di dalam tubuh mulai naik maka harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. Banyak sekali bukti yang menyebutkan jika olahraga mampu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Untuk jenis olahraganya pun juga yang sederhana saja dan tidak perlu lari maraton hingga berjam-jam. Kamu cukup melakukan olahraga jalan kaki. Bersepeda santai, berenang dan yang lainnya. Jika kamu rutin melakukan gerakan tersebut maka dengan sendirinya kolesterol akan turun secara drastis.

Suka Mager

Ketika kebiasan kamu duduk dalam waktu yang lama selalu dikaitkan dengan penyakit darah tinggi atau tekanan jantung. Padahal kebiasaan seperti ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Untuk itu kurangi kebiasan duduk terlalu lama dan sebaiknya lakukan berbagai pergerakan. Jadi ketika kamu sudah duduk selama 30 menit hendaknya lakukan gerakan santai agar darah tidak beku. Dengan cara seperti ini juga bisa menjadi opsi dalam menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Menunda Minum Obat

Ketika kamu melakukan pengecekan kolesterol pada dokter maka akan diberikan resep obat. Semua resep yang diberikan harus diminum secara rutin agar kolesterol tidak semakin naik.

Bentuk kesalahannya adalah beberapa orang sering menunda dalam minum obat tersebut. Padahal pihak dokter sudah mempertimbangkan dalam memberikan obat untuk penyakit tersebut.

Untuk itu ketika dokter memerintahkan untuk diminum sehari 2 kali maka harus dilakukan. Proses seperti ini juga salah satu jalan agar kolesterol yang ada di dalam tubuh menjadi normal.

Kurang Memperhatikan Pola Makan

Ketika kamu sudah minum obat maka perlu diikuti dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Pola makan yang sembarangan bisa membuat kolesterol semakin naik kadarnya meskipun minum obat. Untuk itu, kamu harus benar-benar memperhatikan hal-hal seperti tini.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika pola makan yang sehat bisa juga menurunkan kolesterol di dalam tubuh  Salah satu makanan yang harus dihindari adalah yang di dalamnya mengandung lemak jenuh dan karbohidrat yang berlebihan.

Sebagai gantinya kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti buah, sayur atau yang lainnya. Untuk buah atau sayur tersebut bisa di jus dan dengan cara ini maka kadar kolesterol akan menurun drastis.

Dari kesalahan menurunkan kolesterol di atas harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Salah satu kesalahan besar adalah terlalu banyak duduk dan jarang berolahraga

Posting Komentar untuk "5 Kesalahan dalam Menurunkan Kolesterol"