Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Pengapuran Tulang Bisa Disembuhkan

Apakah Pengapuran Tulang Bisa Disembuhkan

Pengapuran yang terjadi tulang biasanya terjadi karena kepadatan tulang mengalami penurunan. Dalam istilah medis pengapuran tulang sering disebut sebagai osteoarthritis.

Osteoartritis merupakan suatu kelainan pada sendi kronis (jangka lama) karena adanya proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi, yang dibarengi dengan pertumbuhan tulang dan adanya tulang rawan baru pada sendi.
Adanya osteoarthritis, menandakan bahwa suatu proses degeneratif pada sendi dapat mengenai satu atau lebih sendi.
Osteoartritis juga dapat menyebabkan kekakuan pada sendi dan menimbulkan rasa pegal-pegal serta nyeri.

Penyebab terjadinya pengapuran tulang

Pada dasarnya terdapat 3 faktor utama yang diduga para ahli medis, dapat meningkatkan risiko terjadinya pengapuran pada tulang.
Berikut penjelasannya.

1. Faktor usia
Pemicu terjadi pengapuran tulang tulang seseorang, yang pertama adalah bertambahnya usia. Dalam hasil survei menyebutkan bahwa pengapuran tulang biasanya lebih banyak dialami oleh wanita. Sayangnya, belum ada penjelasan lebih lanjut mengapa hal itu bisa terjadi.

2. Cedera sendi
Faktor kedua, pengapuran tulang bisa dilatarbelakangi oleh cedera. Disisi lain, gerakan yang terlalu berulang-ulang pada sendi dapat memperparah kondisi. Selain itu, cedera sendi juga bisa disebabkan karena melakukan olahraga secara berlebihan atau kecelakaan lalu-lintas.

3. Obesitas
Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas otomatis akan membuat sendi-sendi penahan berkerja lebih extra ketika menopang tubuh. Hal ini akan meningkatkan risiko seseorang mengidap pengapuran tulang.
Mengatasi Pengapuran Tulang

Cara menyembuhkan pengapuran tulang

Bila kalain sudah terlanjur menderita masalah pengapuran tulang, ada beberapa gaya hidup yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya.

1. Menurunkan berat badan
Alasannya pasti kalian sudah tahu, sebab sudah saya jelaskan diatas.
Berat badan berlebih akan membuat sendi berkerja ekstra dalam menahan tekanan, sehingga akan memberi dampak buruk pada pengapuran tulang yang diidap. Maka solusi paling tepat adalah menurunkan berat badan.

2. Olahraga
Kita semua pastinya sudah tahu, kalau olahraga sangat penting dalam menunjang kesehatan.
Untuk mengatasi masalah pengapuran tulang yang sedang kamu hadapi, langkah tepat yang bisa anda lakukan adalah melakukan olahraga secara teratur. Hal ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran.
Bila melakukan olahraga secara teratur otomatis akan membuat kerja sendi menjadi lebih stabil serta akan membantu mengurangi tingkat pengapuran tulang yang diidap.
Harap diingat, jangan melakukan olahraga terlalu berat dan berlebihan, hal ini justru akan berdampak negatif pada pengapuran tulang yang sedang kamu alami.

3. Kompres menggunakan air panas atau dingin
Terkadang, pengapuran tulang menimbulkan rasa sakit, untuk mengurangi rasa sakitnya kamu bisa mengkompresnya dengan air panas atau air dingin. Perlu dicatat, kompres air dingin bisa digunakan bila nyeri masih sangat akut, hal ini supaya bengkak dan peradangan tidak terjadi.
Sedangkan, penggunaan kompres air panas, bisa berfungsi untuk melemaskan otot serta juga mengurangi rasa nyeri.

4. Memakai obat pereda rasa sakit
Langkah teote yang bisa kamu lakukan adalah minum obat pereda rasa sakit seperti krim atau gel yang bisa kalian dapatkan dengan mudah di toko atau apotik.

5. Memakai alat bantu
Tak jarang, sebagian pengidap pengapuran tulang membutuhkan alat bantu untuk memudahkan beraktivitas. Kali ini kamu bisa berkonsultasi pada dokter, untuk mendapatkan alat bantu yang cocok, agar kamu nyaman saat memakainya.
Semoga setelah membaca informasi ini, penyakit pengapuran tulang yang sedang kamu derita bisa sembuh secara total.

Posting Komentar untuk "Apakah Pengapuran Tulang Bisa Disembuhkan "