8 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli Obligasi Pemerintah Bersama digibank by DBS!


Kalau ditanya, dari sekian banyaknya investasi yang ada di muka bumi ini, mana sih yang paling banyak diminati? Jawabannya pasti obligasi.

Ya, obligasi bisa dibilang adalah primadona investasi, karena memiliki investasi dengan resiko rendah tapi sekaligus dapat memberikan keuntungan maksimal. Obligasi adalah jenis investasi yang cocok bagi kamu yang sudah terbiasa menabung melalui produk deposito atau juga kamu yang membutuhkan pilihan untuk melakukan diversifikasi investasi. Selain itu, kalau kamu memiliki financial goal jangka panjang, maka beli obligasi tepat deh untuk kamu lakukan.

Nah, sebelum kamu terjun ke dunia pasar obligasi, ada 7 hal dulu nih yang sebaiknya kamu tahu agar kamu lebih mengerti tentang investasi. 

Pengertian obligasi secara umum 

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pihak yang berutang kepada pihak yang berpiutang. 

  • Apakah saja keuntungan umum obligasi?
  • Kalau kamu membeli obligasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa kupon atau bunga yang bisa cair dalam jangka waktu tertentu.
  • Kamu juga bisa memperoleh keuntungan yang diperoleh dari selisih harga surat utang (dalam persentase) setelah diperdagangkan, yang biasanya disebut dengan capital gain. 
  • Aman 
  • Suku bunga obligasi lebih tinggi dibandingkan bunga deposito. Jadinya investasi kamu pun akan lebih cepat berkembang.

Apa itu obligasi pemerintah?

Obligasi Pemerintah atau biasa disebut dengan Surat Berharga Negara (SBN) adalah obligasi atau surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia

  • Apa keuntungan obligasi pemerintah lewat Aplikasi digibank by DBS?
  • Investasi bisa diakses online 24 jam lewat aplikasi 
  • Investasi yang dijamin oleh pemerintah
  • Investasi rendah resiko
  • Nominal investasi mulai dari Rp 1 juta
  • Keuntungan cair setiap bulannya
  • Ada pilihan prinsip pengelolaan Syariah untuk produk SBSN
  • Penerbitan obligasi pemerintah ini dilakukan agar masyarakat bisa dengan mudah berpartisipasi untuk kemajuan Indonesia

Apa itu secondary bond?

Secondary bond adalah penjualan obligasi yang dilakukan dan investor ke investor, setelah IPO dilaksanakan. Misalnya saja, Pemerintah mengeluarkan ORI. Bila kamu langsung membeli dari pemerintah, maka itu adalah Primary Market. Sedangkan bila kamu membelinya lewat mitra-nya, yaitu digibank by DBS, maka obligasi yang kamu beli itulah yang dinamakan secondary bond.

Dimana saya bisa melihat informasi terkait produk investasi?

Informasi terkait karakteristik produk dapat kamu lihat di Fact Sheet yang disediakan. Untuk informasi Yield To Maturity (YTM), Harga Pasar, Harga Jual dan Harga Beli tersedia dalam menu “Detail Obligasi” didalam Aplikasi

Apakah ada pajak terkait transaksi SBN Pasar Sekunder?

Ya, ada. Pajak senilai 15% akan dikenakan pada kupon/imbalan yang kamu terima dan apabila kamu mendapatkan Capital Gain pada saat melakukan penjualan SBN Pasar Sekunder

Bagaimana cara membeli obligasi pemerintah?

Kamu bisa membeli obligasi pemerintah melalui mitra yang ditunjuk oleh pemerintah, seperti digibank by DBS. Caranya gampang sekali, lho. Kamu cukup mengunduh Aplikasi digibank by DBS, lalu setelah log in, kamu bisa melakukan pembelian obligasi online di sana. 

Cara menjadi investor obligasi pemerintah ternyata mudah sekali, lho! Kamu hanya perlu mengunduh Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan registrasi dan membeli investasi obligasi. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik, oleh karena itu aplikasi digibank by DBS dibuat agar memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, download dulu Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store
  • Masukkan data diri kamu untuk membuat rekening tabungan digibank
  • Klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Nah, setelah nomor SID sudah dibuat, nanti kamu akan mendapatkan notifikasi email.
  • Setelah ini, login kembali dan klik “Registrasi e-SBN” untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  • Pilih produk yang tersedia, masukkan jumlah yang kamu inginkan, lalu lakukan pembayaran. Portofolio investasi obligasi pemerintah yang kamu beli akan terlihat setelah tanggal setelmen dari produk.
  • Nah, setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) pada laman konfirmasi pembayaran.
  • Selain itu, kamu juga bisa mengecek status pesanan di bagian “Dalam Proses”. Jika pembayaran berhasil, pesanan kamu akan ditandai dengan “Sudah dibayar”, sedangkan yang belum akan ditandai dengan “Menunggu dibayar”. Yang namanya SBN Ritel Online itu diterbitkan tanpa warkat. Tetapi, kamu sebagai investor akan bisa mendapatkan konfirmasi kepemilikan yang dikirimkan ke alamat korespondensi kamu yang sudah terdaftar di bank kok. Jadi tenang saja, ya. 

Nah, itu tadi 8 pertanyaan seputar obligasi pemerintah yang wajib kamu ketahui sebelum kamu terjun berinvestasi di dunia obligasi.

Belum ada Komentar untuk " 8 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli Obligasi Pemerintah Bersama digibank by DBS!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel