Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Word Formation serta Jenis-Jenisnya


Siapa yang sudah mendengar istilah word formation? Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar istilah yang satu ini saat belajar bahasa Inggris. 

Secara garis besar, word formation mempunyai arti yaitu pembentukan kata, di mana dalam pembentukan kata ini sebuah kata bahasa Inggris akan mengalami perubahan kelas kata maupun makna dari kata itu sendiri. Biaasnya, materi ini lebih sering diperkenalkan saat duduk di bangku kuliah.

Nah, kira-kira apa, sih, pengertian istilah yang satu ini? Lantas apa saja jenis-jenisnya yang perlu kita ketahui dalam belajar bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan mengajak kamu untuk mengenal word formation dalam artikel ini!

Pengertian Word Formation

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mempunyai kata imbuhan, yaitu prefix dan suffiks. Keduanya memegang peranan penting dalam pembentukan kelas kata atau perubahan makna. Nah, prefix dan sufiks juga tidak jauh dari pembahasan kita kali ini, yaitu word formation

Secara garis besar, word formation yaitu proses pembentukan kata yang diberi awalan prefix dan suffix untuk mengubah makna baru dan klasifikasi kata yang berbeda. Jika di dalam bahasa Indonesia kita sering mengenal imbuhan kata seperti me- -an, dan lain-lain, di dalam bahasa Inggris kita akan menembukan imbuhan kata seperti -ly, -es, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Proses Pembentukan Kata (Word Formation)

Nah, setelah mengenal word formation, mari kita bahas satu per satu mengenai jenis-jenisnya

1. Compounding

Proses pembentukan yang satu ini terjadi karena menggabungkan dua kata tanpa menghilangkan huruf yang ada. Jadi, ibaratnya seperti dua kata yang digabung, lalu mempunyai makna sendiri.

Contoh: home sama work jadi home work dan black sama board jadi black board.

2. Derivation

Derivation merupakan proses pembentukan kata dengan menambahkan affix atau imbuhan pada kata tersebut. Setelah kata diberi imbuhan, otomatis akan berubah juga kelas katanya.

Contoh: Come: datang. Ditambah be- di depan jadi become: menjadi

3. Clipping

Proses pembentukan kata yang satu ini berarti menghilangkan beberapa huruf dan biasanya akan menghasilkan kata yang baru.

Contoh yang seringkali kita jumpai yaitu kata influenza. Saat ini, orang-orang lebih sering menyebutkan dengan flu saja. Lalu, ada juga kata professor yang kerapkali ditulis atau disebut dengan kata prof saja. 

Posting Komentar untuk "Memahami Word Formation serta Jenis-Jenisnya"