Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Visi dan Misi PT GNI, Dari Pengolahan Nikel di Morowali Hingga Fokus Kepada Keselamatan Kerja Karyawan


PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI mendapat sorotan setelah pabriknya di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mengalami kebakaran yang menewaskan dua karyawan, salah satunya adalah seleb TikTok Nirwana Selle. Namun, apa sebenarnya PT GNI? Berdasarkan informasi resmi perusahaan, mari kita bahas lebih lanjut tentang PT GNI, termasuk visi dan misi perusahaan ini. 

Apa Itu PT GNI?

PT GNI, atau Gunbuster Nickel Industri, adalah perusahaan pengolahan nikel yang dimiliki oleh pengusaha asal China, Tony Zhou Yuan. Perusahaan ini beroperasi di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, dan telah berdiri sejak tahun 2019. PT GNI berperan sebagai perusahaan yang berkontribusi dalam program hilirisasi mineral dan batubara di Indonesia.

Sebagai perusahaan smelter nikel, PT GNI menerapkan teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dengan pengembangan 25 jalur produksi. Smelter ini memiliki nilai investasi mencapai sekitar Rp 42,9 triliun dan memiliki kapasitas produksi sebanyak 1,8 juta ton feronikel dengan kadar 10-12 persen per tahun. 

Selain itu, PT GNI juga mengolah bijih nikel sebanyak 21,6 juta ton per tahun. Peresmian PT GNI secara resmi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 21 Desember 2021, dan acara peresmian berlangsung di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), sebuah kawasan industri terpadu seluas 1.907 hektar yang dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan.

Smelter PT GNI termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN) dan dimiliki oleh perusahaan baja asal China, yakni Jiangsu Delong Nickel Industry Co. Ltd. Selain operasi di Indonesia, perusahaan ini juga terlibat dalam pertambangan dan pemurnian mineral di Kawasan Ekonomi Industri Xiangshui, Kota Yancheng, Provinsi Jiangsu, China.

Visi dan Misi PT GNI

Visi dari PT GNI adalah menjadi yang terdepan dalam industri smelter di Indonesia dan pada saat yang sama mendukung program hilirisasi pemerintah. Mereka juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui berbagai bidang, termasuk pendidikan, lingkungan, pariwisata, dan sektor lainnya.

Misi PT GNI adalah berperan dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang di Indonesia. Mereka selalu berupaya untuk membuka peluang bagi pemangku kepentingan (stakeholder) dan komunitas di daerah di mana mereka beroperasi agar bisa terus berkembang. 

Hal ini termasuk membangun hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan dan warga lokal, serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas komunitas dan menjaga lingkungan di lokasi operasional PT GNI.

Alamat PT GNI terletak di Bungintimbe Petasia, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, dan jam operasional perusahaan ini adalah dari pukul 10.00 WITA hingga 22.00 WITA.

Posting Komentar untuk "Visi dan Misi PT GNI, Dari Pengolahan Nikel di Morowali Hingga Fokus Kepada Keselamatan Kerja Karyawan"