Tips Aman Memilih Office Rental Terbaik


Tidak semua perusahaan memiliki kantor sendiri. Tak jarang perusahaan yang belum begitu “sehat” secara finansial memilih office rental sebagai solusi. Di perkotaan, bisnis sewa kantor belakangan memang semakin marak. Selain opsi dari terbatasnya finansial, hal ini juga dilakukan sebagai antisipasi lahan yang semakin sempit.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terkait sewa kantor, termasuk surat kontrak perjanjian yang ditanda tangani oleh pihak penyewa dan penyedia. Dalam surat kontrak tersebut tedapat poin-poin penting yang perlu dipelajari dan dipahami oleh pihak penyewa.

Anda butuh sewa kantor untuk mengembangkan bisnis? Tips-tips penting berikut ini sebaiknya Anda perhatikan sebab tidak semua office rental yang ada bisa sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan Anda.

1. Perhatikan Kebutuhan Ruangan Internal 

Kantor merupakan satu kesatuan dari beberapa kebutuhan ruangan yang berbeda. Hal ini harus diperhatikan, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan ruangan dengan jumlah karyawan. Kinerja perusahaan kemungkinan akan terganggu jka ruang kerja terlalu sempit. 

2. Legalitas

Pastikan kantor yang akan disewa jelas kepemilikannya, termasuk surat IMB atau dokumen terkait. Ini penting supaya tidak ada masalah ketika kantor tersebut mulai dioperasikan. Jika pihak penyedia tidak bisa menunjukkan bukti legalitas kantor, tanyakan apa alasannya, atau bila perlu transaksi dibatalkan.

3. Lokasi Strategis

Lokasi juga salah satu faktor paling krusial sewaktu memilih office rental. Idealnya Anda memilih kantor yang mudah diakses seluruh karyawan, bukan daerah langganan macet atau banjir. Selain itu lokasi yang dipilih juga mudah dijangkau oleh klien atau rekan bisnis. Kemudahan akses transportasi seperti dekat halte bus atau area jalan tol termasuk kriteria kantor yang perlu Anda pertimbangkan. 

4. Fasilitas Publik

Mustahil Anda memilih menyewa kantor di lokasi yang jauh dari fasilitas publik. Harus diketahui bahwa fasilitas publik merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari aktivitas bisnis. Bayangkan jika kantor Anda jauh dari tempat makan, bank, tempat ibadah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, tentu banyak klien akan berpikir ulang untuk datang ke kantor Anda.

5. Anggaran

Meskipun fasilitas dan lokasi merupakan prioritas, bukan berarti Anda bisa mengabaikan soal budget. Anda tetap harus mempunyai kontrol biaya operasional, termasuk menyesuaikan anggaran sewa kantor dengan keuangan perusahaan. Keuangan sangat menentukan masa depan perusahaan jadi Anda tetap harus punya kontrol penuh, termasuk melakukan perbandingan harga sebelum memilih salah satu penyedia office rental. 

6. Pelajari dan Pahami Klausul Perjanjian

Surat perjanjian sewa berisi pin-poin penting seperti masa sewa, biaya sewa, asuransi, fasilitas, dan hal-hal lain seputar sewa menyewa. Sebelum membuat kesepakatan atau menandatangani surat perjanjian sebaiknya Anda pelajari dan pahami poin-poin tersebut satu persatu.

Dengan demikian di masa yang akan datang tidak ada kesalahpahaman yang bisa berujung pada masalah hukum.
Bagi perusahaan start-up atau pengusaha pemula, office rental merupakan opsi terbaik untuk mengembangkan apapun bidang usahanya. Namun pilihan sewa kantor yang tidak tepat justru beresiko buruk terhadap masa depan bisnis itu sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Memilih Office Rental Terbaik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel