Tips Mengatur Keuangan Supaya Lebih Hemat


Dengan aplikasi pembukuan keuangan BukuKas dapat mudah untuk mengetahui riwayat pengeluaran bulanan. Dengan aplikasi BukuKas ini pula dapat mengetahui seberapa borosnya pengeluaran hingga membuat catatan pengeluaran membengkak.

Dengan hal ini pula destinasi dapat menumbuhkan kesadaran untuk menekan biaya pengeluaran, khususnya di masa wabah virus yang membuat kondisi finansial sangat memprihatinkan.

Ada beberapa tips yang cukup efektif untuk menekan biaya pengeluaran, selain memantaunya dengan aplikasi pembukuan keuangan BukuKas. Tips tersebut antara lain sebagai berikut ini :

Mengurangi Kebiasaan Makan Di Luar 

Salah satu cara yang paling efektif untuk menekan catatan pengeluaran yaitu dengan mengurangi kebiasaan makan di luar. Meskipun sama  sama memenuhi kebutuhan pangan, tetapi kesan makan di luar dan di rumah sangat berbeda.

Untuk makan di luar, terasa sangat berbeda dan lebih menyenangkan. Apalagi jika makan dengan sahabat, pasti suasana makan akan menjadi lebih seru. Tanpa sadar jika makan di luar sebenarnya jauh lebih boros.

Khusus untuk saat ini, sebaiknya kurangi kebiasaan makan di luar. Serta hapus kebiasaan ini dari daftar catatan pada aplikasi keuangan BukuKas. Hal ini untuk menghemat dan sekaligus menekan biaya pengeluaran.

Biasakan Diri Untuk Tidak Bergantung Pada Kendaraan Bermotor 

Tidak bergantung dengan kendaraan bemotor menjadikan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Karena hal ini telah menjadi kebiasaan. Apalagi penggunaannya jauh lebih hemat daripada angkutan umum. Di Indonesia tarif angkutan umum masih jauh lebih mahal daripada harga bahan bakar, kecuali untuk BRT / MRT. Selain itu banyak tempat yang belum masuk ke dalam jalur BRT / MRT.

Namun untuk beberapa hal, sebaiknya tidak mengandalkan kendaraan bermotor. Seperti pergi ke warung / minimarket yang jaraknya kurang dari ±1 km. Sebaiknya berjalan kaki / menggunakan sepeda. Selain dapat menekan biaya bahan bakar, juga membuat tubuh jauh lebih sehat.

Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah 

Aktivitas luar rumah ini yaitu aktivitas traveling. Traveling menjadi hal yang wajib dilakukan dan masuk ke dalam agenda bulanan.

Khusus untuk kondisi finansial yang cukup minim, aktivitas ini juga sebaiknya hapus dari catatan keuangan terlebih dahulu. Walaupun hal ini dapat membuat mood dan pikiran fresh, tetapi justru dapat membuat keuangan memburuk.

Oleh karena itu, sebaiknya ganti traveling dengan aktivitas hiburan lainnya. Selama hal itu dapat dilakukan di dalam rumah. Seperti mengadakan gathering bersama sahabat di rumah, jadi tidak terasa sangat membosankan. Selain itu dapat mengurangi biaya akomodasi untuk membeli tiket tempat wisata.

Dengan tips di atas dapat membuat catatan keuangan di aplikasi pembukuan keuangan BukuKas jauh lebih teratur. Selain itu juga sangat efektif untuk menghindari keborosan. Kondisi keuangan pun akan tetap stabil dan tidak akan kekurangan, meskipun kondisi finansial sedang buruk.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatur Keuangan Supaya Lebih Hemat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel