Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Jenis Iklan dalam Dunia Marketing


https://pixabay.com/id/illustrations/pemasaran-digital-produk-isi-4229637/

Iklan adalah salah satu strategi pemasaran dalam dunia marketing yang familiar bagi masyarakat luas. Bahkan, dari waktu ke waktu Anda juga bisa dengan mudah menemukan iklan baik secara online maupun secara langsung.

Pengertian dari Iklan

Sebelum mengetahui jenis-jenis iklan, Anda perlu mengetahui pengertian singkat dari iklan. Iklan adalah salah satu cara promosi produk ataupun brand dengan menyebarkan informasi secara luas untuk meningkatkan pemasaran.

Pada umumnya, iklan berisi informasi terkait suatu produk atau brand baru yang dimiliki oleh instansi ataupun perusahaan besar. Sehingga masyarakat ataupun target pasar bisa mengetahui dengan jelas keberadaan produk tersebut sekaligus kegunaannya.

Selain itu, pemasangan iklan secara langsung maupun secara online juga memiliki beberapa manfaat. Seperti halnya untuk mengiklankan produk atau brand agar dikenal oleh masyarakat luas dan juga untuk meningkatkan penjualan produk.

2 Jenis Iklan Berdasarkan Kategori Media

Bedasarkan kategori media, iklan dibagi menjadi 2 jenis yaitu iklan elektronik dan iklan cetak. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui perbedaan dari dua jenis iklan berikut.

1. Iklan Elektronik

Jenis iklan pertama yang perlu Anda ketahui yaitu iklan elektronik. Iklan jenis ini menggunakan media berbasis elektronik untuk menyebarluaskan iklan kepada target pasar. Seperti halnya menggunakan perangkat elektronik radio, televisi, radio, film, dan juga internet.

Setiap perangkat elektronik memberikan penawaran dan cara kerja penyebarluasan informasi iklan yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Sehingga Anda perlu menyesuaikan pemilihan perangkat elektronik yang akan digunakan dengan target pemasaran.

Seperti halnya penggunaan perangkat elektronik radio cocok untuk digunakan saat mempromosikan produk, layanan jasa ataupun situs berita. Hal tersebut terjadi karena penggunaan perangkat elektronik radio akan memanfaatkan media suara pembawa acara radio menggunakan naskah yang telah tersedia.

2. Iklan Cetak 

Selain iklan elektronik, jenis iklan berdasarkan kategori media yang selanjutnya yaitu iklan cetak. Anda bisa dengan mudah menemukan iklan cetak untuk mempromosikan produk atau brand baru kepada masyarakat luas.

Beberapa contoh iklan cetak yang tersedi dan mudah ditemukan seperti halnya majalah, koran, tabloid, brosur, stiker, baliho dan lain sebagainya. Penggunaan iklan cetak memiliki presentase yang cukup besar untuk menjangkau banyak pihak terutama target pasar.

Hal tersebut terjadi karena penyebarluasan iklan cetak bisa dilakukan hingga ke pelosok desa tanpa memerlukan jaringan internet yang stabil. Bahkan, iklan jenis ini juga bisa dilihat oleh pihak yang tidak terjangkau oleh iklan yang tersebar di media elektronik.

Anda bisa menggunakan jasa platfom periklanan seperti stickearn.com untuk membuat iklan produk atau brand sesuai keinginan dan kebutuhan. Demikian ulasan singkat mengenai pengertian dan jenis iklan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Iklan dalam Dunia Marketing"