Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Kelebihan Jam Tangan Chronograph


Jam tangan chronograph merupakan salah satu jenis jam tangan yang banyak diburu oleh masyarakat. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang mempertanyakan apa pengertian dari istilah chronograph.

Tahukan Anda jika chronograph adalah fitur tambahan yang dipasang khusus pada struktur mesin jam tangan. Fungsi dari fitur ini yaitu untuk mengatur periode waktu dan mengukur durasi. Mulai dari interval dalam satuan detik, menit maupun jam. Oleh karena itu, fungsi dari chronograph seringkali disamakan dengan fungsi dari stopwatch. 

Istilah yang digunakan oleh fitur chronograph berasal dari bahasa Yunani, yaitu Chronos dan Graph. Chronos memiliki arti waktu, sedangkan Graph memiliki arti menulis. Sehingga etimologis dari istilah ini yaitu berarti pencatat waktu.

Ciri-ciri dan Kelebihan Jam Tangan Chronograph

Setelah mengetahui pengertian sekaligus asal istilah di atas, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri dan kelebihan yang dimiliki oleh fitur jam tangan yang satu ini. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja ciri-ciri jam tangan chronograph sekaligus kelebihan dalam pemakaiannya.

1. Ciri-ciri Jam Tangan Chronograph

Hal pertama yang perlu Anda ketahui yaitu terkait ciri-ciri fitur jam yang menyerupai stopwatch. Ciri pertama dari jenis jam tangan ini yaitu dilengkapi dengan desain yang khas. Selanjutnya, ciri-ciri jam tangan ini yaitu memiliki dua subdial berupa bundaran kecil yang berada yang terletak di dalam dial utama jam tangan.

Setiap subdial dalam jam tangan memiliki fungsi yang berbeda-beda ketika fitur chronograph aktif. Subdial pertama berfungsi untuk menunjukkan satuan menit yang berlalu dan disebut sebagai chronograph minute hand.

Sedangkan subdial kedua berfungsi untuk menunjukkan satuan jam yang terus berlalu dan disebut dengan chronograph hour hand. Namun, ada beberapa jam tangan yang dilengkapi satu subdial ekstra yang berfungsi untuk menggantikan jarum detik pada jam tangan biasa dan disebut sebagai watch's second hand.

Selain dilengkapi dengan subdial, ciri utama jam tangan chronograph juga dilengkapi dengan dua pusher atau tombol. Biasanya tombol ini terletak bersebelahan dengan bagian crown atau di sisi case jam.

2. Kelebihan Jam Tangan Chronograph

Pertama, Anda bisa menikmati fungsi istimewa yang menyerupai dua gabungan jam tangan. Yaitu fungsi istimewa yang menyerupai stopwatch, penunjuk telemetri, pulsometer dan tachymeter. Selain itu, kelebihan dari jam tangan jenis ini terlihat dari desain yang istimewa sehingga terlihat lebih sporty dan maskulin saat dipakai.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan jam tangan dengan fitur canggih dan istimewa yang satu ini? Anda bisa menemukan produk ORI dengan berbagai jenis dengan mengakses tautan website pada ulasan ini. Demikian ulasan singkat mengenai jam tangan chronograph, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ciri dan Kelebihan Jam Tangan Chronograph"