Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Putri Malu Untuk Asma

Manfaat Daun Putri Malu Untuk Asma

Asma adalah salah satu jenis penyakit kronis atau jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran nafas sehingga menimbulkan sesak nafas (sulit bernapas).

Selain sulit bernapas, biasanya penderita asma akan mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi.
Meski penyebab asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Baca juga: Aturan Makan Buah Plum Untuk Diet

Namun tahukah Anda, kalau daun putri malu memiliki kemampuan dalam menyembuhkan asma? Hal ini dikarenakan daun putri malu mengandung alkaloid, flavonoid, asam amino non-protein (mimosin), tanin, sterol, terpenoid, asam lemak, antibakteri, antivenom, antidepresan, afrodisiak, antikonvulsan, anti kesuburan dan anti asma.

Baca juga: Bahaya Minum Susu Bear Brand

Menurut US National Library of Medicine National Intitutes of Health, kandungan alkaloid pada daun putri malu dapat mengobati asma alias sesak napas yang anda derita.

Baca juga: Apakah Pengapuran Tulang Bisa Disembuhkan

Berikut resep cara membuat jamu dari tanaman putri malu yang benar agar hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan efek samping, yaitu:
  • Sediakan herba segar putri malu dan pegagan masing-masing 30gram, lalu cuci sampai bersih. Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus sampai tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas.
  • Cuci 60 gram putri malu segar, lalu potong-potong seperlunya. rebus dalam 3 gelas air dengan api kecil sampai tersisa 1 gelas. Stelah dingin saring dan air saringannya diminum untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari. Ramuan ini diminum untuk 10 hari.
Nb: penyakit Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda maupun tua, untuk itu jagalah kesehatan sebaik mungkin.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Putri Malu Untuk Asma"